Minggu, 12 November 2017

Soal Web Blog

1. Tuliskan 10 macam Web Blog!
2. Tuliskan fasilitas yang ada di Blogger!
3. Tuliskan kapan dan siapa yang kembangkan :
    - Blogger
    - WordPress
    - Multiply
4. Tuliskan jenis-jenis Blog!
5. Jelaskan Istilah Blog berikut :
    -Blogger
    -Blogging
    -Blogroll
    -Blogsphere
6. Bagaimana cara memposting artikel ke dalam Blog?

Jawaban ⬇⬇⬇

1. Macam-macam aplikasi Web Blog :

1. Blogger.com

adalah sebuah layanan publikasi blog yang didirikan oleh Pyra Labs, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Seiring dengan migrasi layanan Blogger ke server Google, beberapa fitur baru diperkenalkan, meliputi pengaturan label, antarmuka penataan templat dengan cara geser-dan-letakkan (drag-and-drop), ijin pembacaan blog, dan opsi web feed yang baru.

    Sejarah Blogger.com :
  • Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs, dan menjadi salah satu layanan publikasi blog pertama di dunia.
  • Pada Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisi oleh Google tersebut membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan oleh Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis untuk pengguna. Sekitar setahun kemudian, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.
  • Pada 2004, Google membeli Picasa; lalu mengintegrasikannya dengan layanan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blog yang dimilikinya di Blogger.
  • Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan mendasar pada sistem publikasi blognya, meliputi penggunaan templat CSS (Cascading Stylesheet), halaman arsip individual untuk masing-masing posting, komentar, dan posting melalui email.
  • Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbaru (masih dalam tahap beta) dengan nama kode “Invaders”. Versi terbaru ini memigrasikan pengguna layanan Blogger ke server milik Google, selain menambahkan beberapa fitur baru.
  • Mei 2007, seluruh layanan Blogger secara resmi telah dipindahkan dan dioperasikan di server milik Google.
 2. Multiply.com 

adalah sebuah situs jaringan sosial dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling-berbagi beberapa media, seperti foto, video, maupun blog. Multiply.com menyediakan layanan blog. Blog yang di-posting ke Multiply.com dapat secara otomatis diteruskan ke akun LiveJournal, Blogger atau TypePad. Dimungkinkan pula untuk mem-posting via e-mail atau MMS. Pengguna juga dapat memberikan komentar terhadap sebuah film atau buku, atau juga untuk berbagi acara berdasarkan kalender.

3. WordPress
adalah sebuah perangkat lunak blog yang ditulis dalam PHP dan mendukung sistem basis data MySQL. WordPress adalah penerus resmi dari b2\cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman dari ketua developer, Matthew Charles Mullenweg.


Rilis terbaru WordPress adalah versi 2.7. WordPress didistribusikan dengan lisensi GNU General Public License.


4. Blogsome.com


Blogsome bisa dikatakan merupakan blog yang tercepat diakses bila dibandingkan dengan blogger.com dan xanga.com. Selain itu, blogsome menggunakan beberapa skin dari Word Press, yaitu skin standar blog. Blogsome juga memiliki fasilitas bawaan kalender, search engin untuk mencari postingan, atau menu scroll kategori.

5. Xanga.com


Penyedia ini cukup populer, tepapi kayaknya popularitasnya masih jauh dari blogger.com. Xanga menyediakan dua layanan blog, yaitu versi gratis dan versi bayar.
Untuk yang versi bayar tentu menyediakan fasilitas yang lebih lengkap dibanding versi gratisannya, diantaranya nieh tersedia skin lebih banyak dan menarik serta terbebas dari iklan.

6. Blogdrive.com


Kayaknya blogdrive memiliki pengguna yang sangat banyak dan selalu bersaing dengan blogger.com. Tampilan skin atau theme juga tersedia dalam beberapa jenis. Kamu dapat mencari templete lain di luar yang disediakan di situs. Blogdrive juga menyediakan fasilitas kalender dan tag board built in tanpa harus mengutak-atik kode html nya. Selain itu, blogdrive sangat mudah digunakan serta menyajikan file manager untuk pengelolaan foto tersendiri. Kemampuan ini berbeda dengan blogger yang membatasi fasilitas penyimpanan foto dan mengharapkan memiliki hosting tempat penyimpanan foto sendiri. Blogdrive memiliki kekurangan, yaitu aksesnya yang sangat lambat dan tampilnya iklan yang mengganggu diatas jendela menu blog kamu.

2. Fasilitas-fasilitas pada Blogger, yaitu :
1. Ikhtisar
Disini dapat melihat jumlah komentar yang belum di moderasi, jumlah komentar yang diterbitkan, jumlah post yang diterbitkan, berita - berita baru blogspot, dan lain-lain.

2. Post
Istilah post merupakan sebuah tulisan kita/bisa juga disebut dengan Entri, disini bisa mengedit, menerbitkan post - post blog.

3. Laman
Disini dapat membuat, mengedit Laman. Laman yang artinya halaman statis.

4. Komentar
Disini dapat melihat komentar - komentar pengunjung terdapat 2 submenu yaitu:
  • Diterbitkan: komentar pengunjung yang diterbitkan
  • Spam: komentar pengunjung yang di sembunyikan karena ada yang melapor karena merasa tidak terima (dihina) atau tidak sesuai dengan peraturan komentar.

5. Statistik
Tempat dimana  bisa melihat berapa pengunjung blog, 4 submenu yaitu:
  • Overview: grafik pengunjung.
  • Posts: Post yang sering dilihat.
  • Traffic Sources: disini dapat melihat pengunjung datang dari mana.
  • Audience: tempat untuk melihat asal pengunjung.

6. Tata Letak
Tempat dimana dapat mengubah letak - letak widget.

7. Template
Tempat dimana dapat mengutak-atik Template blogger. Dapat mengubah template custom atau template official blogger.

8. Setelan
Menu ini merupakan menu dimana semua settingan blog seperti Nama Blog, alamat blog, jumlah postingan dll disini terdapat 9 sub menu yaitu:
  • Dasar: ini merupakan pengaturan dasar untuk menentukan link, pencarian searh engine Google, email, dan lain sebagainya dalam blog.
  • Penerbitan: ini merupakan sub fasilitas Settings yang menginformasikan tentang domain atau daerah publikasi blog. Secara default, blog terpublikasikan dalam domain blogspot.com. jika menghendaki domain lain untuk mempublikasikan blog, maka bisa menggunakan Custom domain. Dengan custom domain, bisa memciptakan domain untuk alamat blog sendiri. namun penggunaan Custom domain ini tidak lah gratis seprti domain blogspot.com. diwajibkan untuk membeli dan mendaftarkan domain tersebut ke Google partner yang ketentuannya dapat lihat dengan meng-klik link Custom Domain dan konten sub fasilitas publishing.
  • Format: merupakan pengaturan untuk menentukan jumlah post yang ditampilkan dalam blog, tanggal, index, arsip, dan lain sebagainya.
  • Komentar: merupakan subfasilitas untuk mengatur setiap komentar yang masuk ke dalam blog. Pada subfasilitas ini, bisa mengatur siapa saja orang yang bisa memberikan komentar pada blog dengan menampilkan profil dari orang yang memberikan komentar, dan lain sebagainya.
  • Arsipkan: merupakan subfasilitas untuk mengatur frekuensi pengarsipan post-post yang sobat publikasikan jika aktif menulis dan menerbitkan post ke dalam blog, maka sobat perlu melakukan pengaturan pada subfasilitas ini agar post-post yang dipublikasikan dapat terkelompokkan atau tertata dengan baik.
  • Feed Situs: merupakan subfasilitas yang berfungsi sebagai mesin pembaca dalam blog  yang bisa mengambil informasi yang  butuhkan dari website atau situs lain.
  • Email & Selluler: merupakan subfasilitas yang digunakan untuk membuat post malalui email. untuk melakukan hal tersebut, terlebih dahulu   harus mengatur alamat Mail-to-Blogger sehingga post yang dibuat via email dapat terpublikasi dalam blog dan mengedit tampilan blog  ketika di buka di handphone
  • OpenID: merupakan sub fasilitas yang digunakan untuk mengatur identitas orang-orang yang memberikan komentar pada blog.
  • Izin: merupakan subfasilitas yang berfungsi untuk mengatur atau menentukan siapa saja yang bisa menjadi penulis dan pembaca blog.

3. Kapan dan siapa yang kembangkan :
- Blogger : dikembangkan oleh, Pyra Labs pada tahun 2003.
- WordPress : dikembangkan oleh, WordPress Foundation pada tanggal 27 Mei 2003.
- Multiply : dikembangkan oleh, Peterpezaris, Michael Gersh, David Hersh, James Price. Pada bulan Desember tahun 2003.

4. Jenis-jenis Blog :
•Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
•Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
•Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
•Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang keseh
•Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
atan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
•Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
•Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
•Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
•Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
•Blog agama: Membahas tentang agama
•Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
•Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
•Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
•Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
•Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
•Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
•Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
•Blog gaya hidup (lifestyle): Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya
•Blog parenting: Berisi cerita/ tema seputar menjadi orangtua dan pengalaman mengasuh anak.

5. Istilah pada Blog :
- Blogger : adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis.
- Blogging : adalah suatu cara kita mengkomunikasikan sebuah gagasan pikiran atau ide kita, lalu menuangkannya kedalam sebuah blog untuk dijakan sebuah artikel atau postingan.
- Blogroll : merupakan fitur dari Blogger yang menampilkan link-link tertentu sesuai yang mereka tambahkan. Fitur ini biasanya digunakan untuk bertukar link sesama blogger.
- Blogsphere : adalah suatu interkoneksi antarblog yg tergabung dalam sebuah  domain dan domain tersebut tergabung dalam Internet.

6. Cara memposting artikel ke dalam blog, yaitu :
•Sebaiknya klik terlebih dahulu “ Edit HTML”,jika langsung di mode “Compose”, sering terjadi hang pada komputer (pengalaman saya pribadi). Copy artikel yang telah anda buat sebelumnya, kemudian paste di area posting. Edit sesuai dengan kemauan anda.
•Klik tombol “ compose “ untuk melakukan editing (jika anda masih bingung dengan kode HTML).
•Klik tombol “tools” yang berlambang “ panorama” berwarna biru, jika anda ingin memasukan gambar ataupun photo untuk menghiasi posting-an anda.
•Klik tombol “ Preview “ untuk melihat hasil posting-an anda yang nantinya akan tampil di dalam blog, barangkali masih ada yang perlu di edit.
Klik tombol “ publish “. Selesai. Tulisan hasil karya anda akan bisa dilihat dan dibaca oleh orang-orang diseluruh dunia.


0 komentar:

Posting Komentar

Cara Memasang Burung Twitter Terbang Melayang Di Blog
Masukkan Kode Shoutbox Kamu Di Sini Terimakasih Atas Kunjungan
Dan Pesannya.

Cara Membuat Widget Gambar Animasi Bergerak Melayang Di Pojok Blog

Blog Archive

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.